Sabtu, 19 November 2011

RAIH EMAS SEA GAMES XXVI, MENPORA JANJIKAN BONUS UANG TUNAI Rp. 200.000.000


Headline
inilah.com/Agus Priatna
Oleh: BeritaPagi Palembang
Sindikasi - Sabtu, 5 November 2011 | 01:25 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Para atlet SEA Games Indonesia niscaya lebih bersemangat. Bila berhasil menggondol emas di ajang SEA Games XXVI di Jakarta-Palembang, bonus Rp200 juta menanti.

"Saya akan menjelaskan soal bonus atlet. Bonus atlet sudah saya siapkan. Jumlahnya sama dengan sebelumnya yakni emas Rp200 juta, perak Rp50 juta, perunggu Rp30 juta," kata Menpora Andi Malarangeng.
Hal itu disampaikan Menpora usai pelepasan kontingen Indonesia di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2011).

Menurut Andi, jumlah bonus untuk emas sama seperti tahun lalu. Akan tetapi, bedanya, kini setiap pemain dalam tim akan mendapat bonus Rp 200 juta itu bila berhasil mendapat emas.

Ia mencontohkan, bila klub voli memperoleh emas, maka setiap pemain akan dijatah bonus masing-masing Rp200 juta. Dalam SEA Games terdahulu, bonus Rp200 juta itu dibagi rata ke semua pemain.
"Kemudian kejuaraan perahu naga yang 22 orang. Jadi 22 kali Rp 200 juta kalau dapat emas. Jadi rasanya emas itu sama satu dengan yang lain. Bayangin kalau Rp200 juta dibagi 22 orang dapat apa?" cetus Andi.

Mendengar Andi menyatakan besaran bonus itu di depan wartawan, para atlet yang mengikuti pelepasan kontingen Indonesia itu bersorak gembira. Sebanyak 300-an dari 1.059 atlet Indonesia itu akan berjuang di laga SEA Games 11-22 November mendatang.
Kepala Kontingen (Chef de Mission) Indonesia untuk SEA Games XXVI, Tono Suratman, mengharapkan seluruh atlet sudah siap menghadapi pertandingan SEA Games.
"Atlet harus fokus mempersiapkan pertandingan. Jangan sampai terganggu. Kini saatnya mereka menunjukkan hasil persiapan mereka," kata Tono Suratman.

Kontingen Indonesia untuk SEA Games XXVI Jakarta-Palembang resmi dibentuk. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo meresmikan kontingen disaksikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng di Gedung Serba Guna Senayan, Jumat (4/11/2011).
“Pada hari ini, kontingen Indonesia saya nyatakan secara resmi dibentuk. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai kita semua," ujar Rita.

Dalam peresmian kontingen ini hadir 601 atlet yang terbagi atas 130 atlet dari cabang olahraga terukur, 101 dari cabang akurasi, 264 dari cabang beladiri, 106 atlet dari cabang olahraga permainan. Kontingen Merah Putih secara keseluruhan bakal diperkuat 1.059 atlet, 130 ofisial, dan 393 manajer serta pelatih. Mereka akan berlaga dalam pertandingan di Jakarta maupun Palembang.
Lebih lanjut, Tono menjelaskan kontingen besar berangkat ke Palembang pada 5 November mendatang. "Sebelumnya sudah ada 534 orang yang berangkat ke sana. Memang keberangkatannya dibuat secara bergilir sesuai jadwal pertandingan," katanya.

KONI Sumsel Janjikan Bonus
Untuk memotivasi atletnya meraih prestasi tinggi di SEA Games, KONI Sumsel juga menjanjikan bonus bagi peraih medali emas di ajang multieven Asia Tenggara itu.
“Sebanyak 33 atlet yang ikut SEA Games adalah atlet terbaik Sumsel. Sumsel pasti memberikan apresiasi terhadap atlet yang meraih prestasi,” ujar Kabid Pembinaan Prestasi KONI Sumsel Djumadin Safril kepada BeritaPagi di ruang kerjanya, Jumat (4/11/2011).

Djumadin yang juga selaku Asisten Direktur Kompetisi Inasoc Sumsel tersebut mengatakan, belum tahu berapa jumlah bonus atau uang pembinaan yang akan diberikan kepada peraih emas, perak, dan perunggu SEA Games.
“Belum tahu berapa, tetapi Porwil, PON, saja dapat bonus, dapat uang pembinaan, masa’ tingkat internasional tidak ada,” kata dia.
Namun untuk gambaran, pada Porwil lalu, peraih emas menerima uang pembinaan Rp25 juta, perak Rp15 juta, dan perunggu Rp10 juta. “Sedangkan di PON, untuk emas Rp40 juta,” kata dia.

Atlet Sumsel yang berlaga di Sea Games XXVI 2011, di cabang Pentaque sebanyak tujuh atlet. Yakni, Ahmad Kauli (shooting), Anisa Alfath (double), Dwi Anjani (double), Elza Yuni Puspita (double), Panga (Double), Gunardi (single) dan Tia Masyan (single).
Kemudian, di polo air putri lima atlet. Yakni, Ernawati (kiper), Nova Rusneri (center bek), Siti Balqis (center), Hudaida (wings kanan), dan Lilik Kartini (wings kiri).

Selanjutnya, tiga atlet di cabor anggar. Yakni, Rully Mauliadani (saber), Hendri Budianto (saber), Handrawan Susanto (foil) dan Reni Angreini (sabre).

Pada cabor atletik, yakni Jauhari Johan (lari 5000 meter, 10.000 meter dan marathon), Ni Putu Desy Margawanti (Lompat Tinggi Gala) dan Rio Marholta (lari gawang 100 dan 400 meter).
Kemudian, cabor menembak R Wisnu Aji (50 meter 3 posisi individual dan 50 meter rifle prone) dan Maharany Ardi (50 meter 3 posisi).

Di cabang catur, Taufik Halay (individual) dan Kasmiran (asian chess). Lalu, biliar Hekta Ahmad (carom 3 cushion) serta Herowanto (snoker). Dragonboat Maryati dan Wahyuni (tradisional boat race).
Selanjutnya, di cabang bisbol M Akbar. Di ski air Indra Hardinata (slalom), dan senam artistik Iim Imaro. Selanjutnya di cabang sepak takraw Cahya Permata Fahrani , dan Pencak Silat adalah Deni Aprisani, serta pada Judo adalah Horas Manuru. [gus]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar